Jumat, Maret 20, 2009

Asian MAKE dari Masa ke Masa

Pembaca yang budiman, tulisan kali ini merupakan kilas balik keikutsertaan organisasi-organisasi di ajang Asian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE). Asian MAKE diinisiasikan pertamakali pada tahun 2002, dimana terdapat 10 organisasi yang menjadi Pemenang, sebagaimana yang diilustrasikan pada tabel .
Tabel 1. Pemenang Asian MAKE 2002











Kemudian setelah 7 tahun kemudian berselang, 2008 Asian MAKE kembali diadakan. Pemenang Asian MAKE 2008 pun bertambah menjadi 16 organisasi. Artinya sudah banyak organisasi yang sangat baik menerapkan pengetahuan, dan bertambahnya organisasi yang telah masuk ke dalam percaturan organisasi-organisasi yang berbasis pengetahuan, sebagaimana yang diilustrasikan pada tabel 2.

Tabel 2. Pemenang Asian MAKE 2008
















Sebuah prestasi yang membanggakan pada tahun 2008, bahwa 4 duta organisasi dari Indonesia terpilih menjadi finalis 2008 Asian MAKE, yakni: Astra Internasional, Excelcomindo, Telekomunikasi Indonesia, dan Unilever Indonesia. Lalu pemenang Asian MAKE terpilih adalah: Unilever Indonesia dan Astra Internasional, masing-masing berada pada peringkat 10 dan 11.

Lalu, jika daftar pemenang di tahun 2008 dibandingkan dengan pemenang pada awal Asian MAKE diadakan, pertanyaanpun muncul: organisasi mana sajakah yang secara konsisten "merajai" Asian MAKE, dan organisasi manakah yang pada awalnya menjadi pemenang kemudian hilang tak tentu rimbanya? Dan adakah resep "keabadian" bagi organisasi yang terpilih di setiap ajang Asian MAKE tersebut?

Pertamakali sejak Asian MAKE diadakan, terdapat 3 organisasi yang tidak pernah lagi menjadi pemenang sampai kini, yakni Asahi Breweries (Jepang), NTT data (Jepang) & PCCW (Hong Kong); ada 1 organisasi yang hanya menjadi pemenang 2 kali yakni Fuji Xerox; terdapat 3 organisasi yang secara tidak konsisten menjadi pemenang, yakni: Kao, Sony dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company; lalu 1 organisasi yang luput memenangkan MAKE 2008, yakni Infosyst Technology; dan hanya 2 organisasi yang secara mengagumkan tidak pernah luput dari perhatian panelis di dalam mengembangkan organisasi yang berbasis pengetahuan. Inilah para pemenang sejati Asian MAKE 2002-2008: Toyota dan Samsung!

Tentunya akan lebih menarik lagi membahas organisasi yang perform, dibandingkan dengan melakukan penelusuran terhadap organisasi-organisasi yang sudah tidak tentu rimbanya itu.

Apa yang dilakukan oleh Toyota dan Samsung? Mengapa mereka sukses dalam mempertahankan prestasi mereka pada ajang Asian MAKE ini? Jawabannya akan ada pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar: