Jumat, November 23, 2007

Mencari Ceruk Pasar: Ask the Competitor

Hari yang cerah, kami pergi ke pameran yang diadakan competitor kami. Menarik disimak, dan perjalanan ini benar-benar diluar dugaan: perjalanan kami berbuah banyak pencerahan dan masukan baru demi pengembangan produk kami.

Mula-mula memang tidak banyak dibicarakan dalam seminar karena yang kami tunggu-tunggu sebenarnya adalah demo produknya. Dan ketika kesempatannya telah tiba, ini benar-benar saya manfaatkan dengan berbincang-bincang dengan presiden-nya langsung. Wow, benar-benar hari yang luar biasa!

Riset dan pengembangan yang sangat-sangat fokus merupakan kunci kesuksesan mereka serta dukungan finansial, network & marketers yang mumpuni.
Tapi di sisi lain tentunya saya harus mengetahui apa yang tidak bisa mereka provide dan apa akan menjadi ceruk kami dan menjadi kesulitan mereka untuk mereka develop/ garap. Dan ternyata ada banyak hal yang bisa kami kerjakan dan bahkan kerjasama. Intinya, alat, solusi dan proses bisa dibuat, namun untuk user acceptability tetaplah memerlukan proses yang lama, bukan dalam hitungan hari, minggu dan bulan... tapi tahunan! Memang. manusia tidak dapat dengan mudah berubah dan beradaptasi untuk suatu kondisi baru. Diperlukan pengkondisian dan sosialisasi. Inilah ekspertise yang tidak mereka miliki, namun kami miliki.

Pelajaran yang saya dapat hari ini adalah: menyimak dengan baik detail pengembangan produk, lalu berdiri sebagai competitor:mencari dan melihat ceruk pasar yang bisa kami gali lebih jauh.. yang ternyata masih banyak peluang dan segmen pasar yang belum digarap.

Tidak ada komentar: