Jumat, November 16, 2007

Blogging sampai OD! - Blog tentang Organizational Development -

Adalah ciri Knowledge Worker di Era Knowledge untuk menuangkan pengetahuan yang didapat menjadi explicit knowledge. Sebagian tulisan ini pernah di-upload di media, sebagian berupa ide atau wacana, sebagian telah diimplementasikan oleh klien (lesson learned), dan sebagian merupakan portfolio pekerjaan Penulis berkenaan dengan alat-alat yang Penulis geluti di dunia consulting. Penulis percaya bahwa mekanisme ini akan semakin memperkaya khazanah pengetahuan Penulis jika ilmu ini dibagikan/ dituliskan.

Ketika penulis ditanyakan: buku Organizational Development (OD) manakah yang paling mempengaruhi Penulis, hingga membawa penulis menekuni dunia OD? Maka jawaban Penulis adalah “Reframing Organization: Artistry, Choice & Leadership”, karya Lee G. Boldman & Terrence E. Deal, edisi kedua, yang diterbitkan oleh Jossey Bass Publisher.

Namun pada prosesnya, untuk memahami OD tidaklah sesederhana membaca buku. Tahun demi tahun Penulis mesti melalui berbagai penugasan untuk memahami bab demi bab, mencari berbagai tambahan referensi OD, menggali arsip/ data HR dan kembali menyajikan permasalahan OD dengan kekhasan organisasi Indonesia.

Perjalanan Penulis dalam menguji dan memahami buku kini dapat pembaca nikmati di dalam rangkaian blog OD yang saling berhubungan.

Tidak ada komentar: