Jumat, Mei 14, 2010

Menularkan Virus Knowledge Sharing

Apa yang menyebabkan makhluk hidup berhenti tumbuh? Karena sel-sel pertumbuhannya telah sampai pada batas-batas yang paling maksimal. Lalu apa yang menyebabkan manusia "berhenti tumbuh"? Jikalau ia merasa berada di batas dimana ia tak lagi membutuhkan pengetahuan, penyegaran, pencerahan ataupun hal-hal baru untuk aktualisasi diri.

Lihatlah bonsai: sangat indah, namun kerdil. "Replika" pohon yang sejatinya sebuah pohon yang akan tumbuh besar, kuat, menjulang ke angkasa dan meneduhkan siapapun yang bernaung di bawahnya.



Pengetahuan adalah ibarat pupuk yang menyuburkan
sebatang pohon; air yang menyejukkan akar-akarnya yang terhujam dalam perut bumi; makanan yang menumbuhkan dedaunan, merentangkan dahan-dahan; dan membentuk "karakter pohon" itu sendiri.

Misi "menularkan virus berbagi pengetahuan" dimanapun penulis berada sesungguhnya bukan tanpa maksud. Berbagi pengetahuan secara timbal balik dan terarah akan menimbulkan minat, kumpulan minat akan menggerakkan kolaborasi, dimana di tengah-tengahnya "informasi berguna" mengalir laiknya fluida di dalam organisasi. Berbagi pengetahuan tidak harus diklasifikasikan sebagai kegiatan yang "membunuh waktu luang", terstruktur, lagi membosankan. Namun hendaknya dijadikan sebagai kebutuhan dasar memenuhi dahaga [baca: hak] asasi manusia yang berakal.

...
..
.
"Bacalah", adalah firman Tuhan pertama kali (bagi umat Islam).
Ini mengingatkan manusia untuk terus belajar dan belajar. Dimana pada esensinya manusia [laiknya pohon dan makhluk hidup lainnya] dituntut untuk terus mengembangkan karakter [melalui percabangan pengetahuan yang dipilih] dengan membaca... membaca tanda-tanda alam, baik yang tertulis dan tidak.
.
..
...

D

Tidak ada komentar: