Sepanjang sejarah,
"Manusia Narsis" bermunculan untuk menginspirasi orang-orang dan
membentuk masa depan. Namun dari waktu ke waktu, ketika bisnis menjadi
"mesin perubahan sosial", ia juga menghasilkan para "Pimpinan
Narsis". Mengapa seseorang dikatakan narsis? apa gejala gangguan kepribadian narsis
tersebut? bagaimana dampak organisasi, perusahaan atau negara yang memiliki
pimpinan narsis? Artikel ini akan mencoba menjawabnya.
Gangguan Kepribadian Narsis
Menurut Sam Vaknin (2003), gangguan Kepribadian Narisistik merupakan bentuk gangguan kepribadian antisosial, labil, dramatis, dll. Setidaknya diperkirakan terdapat 0.7-1% dari populasi terjangkit gangguan ini. Gangguan ini diderita di masa awal pertumbuhan, kanak-kanak, dan di awal kedewasaan. Gangguan ini sangat umum terjadi sebagai akibat trauma dan kekerasan pada masa kanak-kanak yang dari orang tua, orang-orang yang memiliki otoritas (seperti guru, dst), bahkan teman sepermainan. Namun sebagaimana gangguan kepribadian, gejala narsis pun ada yang ringan, sedang bahkan yang berat/ permanen.
Masyarakat awam memahami
perilaku narsis ini sebagai kecenderungan seseorang untuk dikenal atau
"eksis" oleh orang-orang di sekelilingnya, baik dari aspek personal
maupun professional. Sehingga "signature style" sang narsis
yang dikenal di seantero pergaulan - dan dari segi profesional, cara-cara
narsis terbilang "kreatif" untuk memasarkan nama (brand), portfolio/ keberhasilan
demi keberhasilan sang Narsis.
Namun narsisme berlebihan juga tidak baik. Pimpinan "Narsis" dapat terjerumus ke dalam sifat-sifat yang tidak akan disukai bahkan dijauhi oleh para bawahannya. Setidaknya terdapat 8 ciri yang mengikuti pimpinan dengan gangguan kepribadian narsis:
1. Melebih-lebihkan
pencapaian/ prestasi yang diraih dengan segala cara, termasuk berbohong mengenai hal itu.
2. Terobsesi menjadi
sosok terkenal, sukses, memiliki kekuatan, ditakuti, dst.
3. Merasa yakin
merupakan sosok yang unik & spesial, harus dapat dimengerti, dan ingin
diperlakukan khusus oleh sekelompok orang spesial (berstatus tinggi) maupun
institusi tertentu.
4. Membutuhkan
perhatian, pujian berlebihan. Jika tidak mendapatkan perhatian atau pujian, ia
akan berubah menjadi sosok yang ditakuti dan tidak populer.
5. Mengharapkan
prioritas/ perlakuan spesial dan menginginkan pelayanan sesuai
ekspektasi sang narsis.
6. Eksploitatif,
menggunakan orang lain untuk mewujudkan keinginan sang narsis.
7. Hilangnya rasa
empati, tidak dapat atau tidak mampu mengidentifikasi atau menimbang rasa
perasaan/ kebutuhan orang lain.
8. Secara terus-menerus merasa iri pada keberhasilan orang lain dan merasa orang lain merasakan hal yang sama dengan sang narsis ini.
8. Secara terus-menerus merasa iri pada keberhasilan orang lain dan merasa orang lain merasakan hal yang sama dengan sang narsis ini.
Kepemimpinan "Narsistik Produktif"
Di sisi lain, majalah
Harvard Business Review (HBR) berhasil mengidentifikasi 3 kekuatan kepemimpinan
narsis sebagai "narisistik produktif", diantaranya: (1) memiliki visi
organisasi yang besar dan berhasil menarik pengikut; (2) ketika sang narsis
duduk di tampuk pimpinan, ia tidak memerlukan persetujuan. Ia akan langsung
menjalankan perannya sebagai pimpinan; dan (3) kritikal dan berhati-hati dalam
mengambil keputusan. Sehingga dengan meminjam kata mutiara George Bernard Shaw
untuk mendeskripsikan pimpinan narsistik:
"Some people see things as
they are and ask why; narcissists see things that never were and ask why not."
Pimpinan
narsistik seringkali memerlukan kerja sama, namun pada praktiknya mereka
menginginkan sekelompok orang yang tunduk akan "sabdanya". Terdapat 3
cara mengatasi pimpinan narsistik diantaranya:
1. Selalu berempati pada perasaan atasan, namun jangan berharap
empati dari dirinya.
Di balik kerasnya sikap sang pimpinan narsis mereka sebetulnya menyembunyikan
kerapuhan mendalam. Bilamana mereka meminta masukan, pastikan tidak
menghancurkan citra diri pimpinan narsis.
2. Berikan ide kepada atasan anda, dan biarkan ia mengakui ide
tersebut berasal dari mereka.Pastikan ide tersebut pimpinan mampu mendapat nilai tambah dari
ide tersebut.
3. Jalankan manajemen waktu. Pimpinan narsistik tidak ragu mengeksploitasi bawahan untuk
melakukan tugas-tugas yang perlu dieksekusi segera. Pandai-pandailah mengatur waktu dan "mengatakan tidak". Bilamana tugas-tugas sudah
melewati toleransi batas waktu sang narsis, ia tidak akan segan menghubungi anda dan
mengganggu waktu tidur anda. Dan bersiap-siap untuk "dikeluarkan" bilamana anda tidak
memuaskan atasan narsis tsb.
Penutup
Sebagai penutup, di balik kekuatan dan kelemahan sifat-sifat pimpinan narsis, tidak sedikit pimpinan narsis bertipe "Narsistik Produktif" yang berhasil membawa perusahaan, organisasi, bahkan negara mencapai kejayaan. Sederet tokoh pimpinan narsis yang diteliti HBR dari masa ke masa, diantaranya: Napoleon Bonaparte, Mahatma Gandhi, Winston Churchill, Charles de Gaulle, Joseph Stalin, Mao Tse-tung Woodrow Wilson, John F. Kennedy, Jack Welch, George Soros, Bill Gates, dst.
Untuk
menghindari bercokolnya sikap narsis yang kronis, Setidaknya terdapat 2 hal yang harus dilakukan pimpinan
narsis:
1.
Menghindari jebakan perilaku narsis dengan menjalankan kerja sama kelompok dan
lebih sering terbuka dengan bawahan. Sehingga bilamana pimpinan "melewati batas"
akan segera diingatkan oleh bawahan. Bahkan beberapa "pimpinan narsis" yang menyadari kekurangannya dengan sadar menemui terapis untuk berkonsultasi mengurangi "kadar narsistik" mereka.
2.
Menemukan conterpart/ partner yang mampu memberikan kritik, saran, masukan,
atau bahkan teguran agar perilaku narsistik tidak menjadi-jadi. Masukan sang
partner akan menjadikan pimpinan narsis kembali berpijak pada realitas/ dunia nyata, mulai menerima
masukan yang disampaikan bawahan.
Sehingga, dorongan "sifat Narsistik" pada beberapa level tidak akan melemahkan organisasi, perusahaan, bahkan negara dimana pimpinan ini dipercaya memimpin, oleh 8 ciri/ sifat narsistik kontra-produktif yang penuh manipulasi dan bernuansa "pencitraan". Namun sebaliknya, narsistik menjadi "energi produktif" yang mewarnai dan memberikan angin segar perubahan yang lebih baik. Semoga!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar