Sabtu, Agustus 01, 2009

Golden Question

Pembaca sekalian, berbagai informasi akan didapat ketika kita memberikan pertanyaan, namun sangat sedikit jawaban yang mungkin dapat "memuaskan" kita. Seringkali dalam kasus wawancara atau survey tentang organisasi, dimana sifat pertanyaan yang diberikan kualitatif atau sesuai dengan "daftar pertanyaan" dan terkadang memerlukan penjelasan rinci, namun mereka seringkali mendapatkan jawaban yang berbelit, tidak tepat ke sasaran atau cenderung berputar-putar.

Dalam artikel ini, penulis ingin mengulas sedikit tentang beberapa "golden question" yang akan membawa kita kepada percakapan yang penuh inspirasi, jujur - atau tanpa ditutup-tutupi, mendekatkan kita kepada pengertian dan akhirnya solusi.

Seperti bermain catur, golden question tidak dapat diberikan langsung kepada orang ybs. Lalu kapan tepatnya golden question ini diberikan? Jawabannya adalah sangat situasional. Beberapa golden question yang berkesan di mata penulis dan tentu saja menjadi pemicu mengalirnya informasi/ wawasan/ wisdom yang dahsyat, tiga diantaranya adalah:

* What is the pain & gain? | apa perjuangan dan keberhasilan yang anda dapatkan dalam menjalankan program/ kegiatan/ strategi ini?
* What's good about it? How can you make it better? | hal-hal baik apa yang sudah anda lakukan? lalu bagaimana agar hal yang sudah baik tersebut bisa menjadi lebih baik lagi?
* Are you satisfied with this? | apakah anda puas dalam menjalankan program/ kegiatan/ strategi ini?

Golden question di dalam bela diri adalah kuncian, dalam permainan kartu adalah kartu As dan dalam pertarungan catur adalah skak mat!

Tidak ada komentar: